Wednesday, February 23, 2022, February 23, 2022 WIB
Last Updated 2022-09-06T14:03:42Z
BisnisHeadline

Resiko Bisnis Online Yang Wajib Diketahui Pemula Sebelum Terjun Ke Dunia Bisnis

Edigital.My.id_Dijaman edigital ini sudah banyak UMKM yang mengerakan bisnisnya melalui online, bahkan ada yang berbisnis online hanya sebagai sampingan dari pekerjaannya. memulai membangun bisnis on- line banyak digandrungi saat ini dikarenakan minimnya modal yang digunakan, contohnya bisa menjadi reseller.

Selain minimnya modal yang dikeluarkan, bisnis on- line juga bukan hanya berjualan pada internet point saja tetapi bisa melalui e-trade dan business. sehingga bisa memudahkan calon pembeli untuk mempunyai barang impiannya. Hanya dengan klik didalam device mereka dan dengan metode pembayaran tunai hingga non tunai yang disediakan oleh pihak penyedia.

Selain itu, agar bisnis on line berkembang harus menggunakan strategi agar yang kita jual tersebut lebih meyakinkan calon pembeli.

Banyak para pemula yang ingin terjun untuk memulai bisnis online, hanya karna dengan minimnya modal dan keuntungan yang lumayan menjanjikan. tetapi meskipun begitu, membuka bisnis on- line tentunya memiliki resiko juga. Ada baiknya, sebelum Anda memulai dalam berbisnis on line ketahui dahulu resikonya dalam bisnis on- line.

Membahas mengenai resiko bisnis online, tentunya ini berkaitan dengan resiko yang akan dihadapi penjual atau pelaku bisnis on line itu sendiri. lalu apa saja yang menjadi resiko bisnis online yang wajib diketahui para pemula. Berikut beberapa resikonya berbisnis online yang perlu diketahui dan dipedomani yaitu :

Terjadinya salah pengiriman

Resiko ini sering terjadi pada saat menjalankan bisnis online, ketika pembeli melakukan pemesanan terhadap produk yang dipesan maka selaku penjual akan secepatnya melakukan pengiriman.

Pada resiko ini, banyak faktor yang mempengaruhi. baik kesalahan dari penjual maupun pembeli. faktor yang sering penjual hadapi yaitu salahnya memberikan alamat pada barang yang dikirim, misal pembeli mengirimkan alamat a tetapi penjual mengirimkan ke alamat pembelib. laluFaktor yang ditimbulkan oleh pembeli adalah si pembeli yang tidak mengirimkan alamat yang jelas hingga kontak yang tidak bisa dihubungi, hal ini tentunya merepotkan jasa ekspedisi bahkan bisa-bisa salah memberikan kealamat yang salah.

Tetapi selain dua faktor tadi, terdapat juga faktor lain dari pihak ketiga yaitu jasa ekspedisi, tidak menutup kemungkinan adanya kesalahan pada ekspedisi yang mengakibatkan salah pengiriman maupun keterlambatan. makanya peran jasa ekspedisi disini sangat pentingDan Anda perlu memilih jasa ekspedisi yang tepat.

Untuk menghindari hal-hal diatas pastikan pembeli menuliskan nama, alamat, dan nomor handphone yang jelas.

Barang tidak sesuai dengan ekspektasi pembeli

Calon pembeli biasanya tidak langsung melihat bahkan menyentuh barangnya secara langsung, dikarena pembelian melalui toko on- line. calon pembeli hanya melihatnya melalui katalog maupun foto produk, terkadang pembeli bisa merasa tidak puas dengan barang yang dibeli. dikarenakan ekspektasi pembeliTerkadang terlalu tinggi terhadap barang tersebut, sehingga menimbulkan rasa tidak sesuai antara barang yang dibeli dengan foto yang dilihat.

Hal ini bisa Anda cegah dengan cara memberikan foto produk asli bukan dari agen yang melalui tahap editing.

Barang mengalami kerusakan

Hampir sama seperti pada poin pertama, hal ini sering sekali dihadapi oleh penjual online.

Resiko ini umumnya terjadi karena kesalahan pihak ekspedisi pengiriman ataupun kesalahan pada penjual dalam mempackaging barangTersebut.

Tentunya resiko ini sangat memberikan kerugian. hal ini tentunya membuat Anda harus mengirim ulang pesanan pembeli dengan barang yang baru.

Pembeli nakal

Bukan saja resiko kerusakan dan kehilangan produk, tetapi pembeli juga bisa menyebabkan Anda merugi. kasus ini sering terjadi karena adanya pembeli yang tidak jujur, misal mengaku jika barang yang dikirimkan kurang atau barang yang dikirimkan tidak sesuai padahal hanya tidak sesuai ekspektasinya saja sehingga menimbulkan kerugianPada bisnismu.

Pembeli tidak jelas

Dalam menjalankan bisnis on- line, berinteraksi dengan para calon pembeli merupakan cara yang baik dalam mengiring calon pembeli untuk yakin membeli produk kita. mulai dari calon pembeli yang bertanya tentang produk yang dijual hingga calon pembeli yang minta harganya dikurangin atau nego.

Tapi tidak menutup kemungkinan pada hal ini, banyak juga calon pembeli yang tidak jelas, misalnya hanya mempermainkan penjual dengan cara hanya bertanya tanya lalu membeli Ditoko lain atau pembeli yang hanya melakukan checkout tetapi tidak melakukan pembayaran.

Demikian penjelasan yang Resiko Bisnis Online Yang Wajib Diketahui Pemula Sebelum Terjun Ke Dunia Bisnis.