Edigital.My.Id_ Sebelum anda menggunakan sosial media menjadi strategi pemasaran harus mempunyai pertimbangan diantaranya dalam strategi Konten Marketing yang baik. Kali ini kita akan membahas lebih lengkap apa itu strategi konten marketing.
Berbicara mengenai tentang
pemasaran, konten marketing merupakan salah satu faktor keberhasilan dalam
sebuah sosialisasi pemasaran. Tidak hanya asal dibuat, tetapi konten marketing
ini sangat membutuhkan perencanaan yang matang. Perencanaan yang matang inilah
cikal bakal konten yang akan dibuat, mendapatkan hasil yang sesuai dengan
tujuan. Oleh karena itu, kita membutuhkan strategi konten marketing untuk
memperkenalkan produk yang akan dipasarkan sehingga bisa mengembangkan bisnismu
menjadi lebih luas.
Di artikel ini, admin akan memberikan kepada anda bagaimana dan apa
itu Konten Marketing serta manfaatnya bagi bisnis.
A. Apa yang dimaksud Konten Marketing?
Konten marketing adalah sebuah
strategi dalam marketing yang berhubungan dengan konten. Konten yang bisa anda
buat bisa berbentuk foto, videotape, audio, maupun teks.
Ada juga pengertian lain dari
Konten marketing, menurut Content Marketing Institute (CMI) adalah suatu
strategi pemasaran digital yang lebih fokus pada pembuatan dan pendistribusian
konten yang berkualitas, relevan, yang
bisa memberikan finansial
untuk sebuah bisnis. Maka dari itu konten marketing lebih berfokus kepada
pelanggan bukan brand.
B. Tujuan Konten Marketing
1. Meningkatkan Kemampuan Audiens untuk langsung mengenali produk
Salah satu tujuan dalam konten
marketing adalah meningkatkan kemampuan audiens dalam mengenali suatu produk.
Dengan memberikan konten yang berkualitas serta bermanfaat, dapat memberi
feedback dalam menunjukkan identitas produk atau brand ke pelanggan. Hal
tersebut akan memberikan efek bukan hanya sekedar menunjukkan identitas produk
atau brand, tapi juga memberikan lebih nilai kepercayaan terhadap brand
tersebut.
2. Membangun kepercayaan
Seperti yang saya singgung
sebelumnya, selain dapat menunjukan identitas produk atau brand ke audiens.
Melalui konten marketing juga dapat memberikan lebih nilai kepercayaan kepada
brand atau produk yang anda bangun.
3. Meningkatkan Daya Beli
Setelah audiens sudah lebih
mengenal produk atau brand anda, audiens juga lebih percaya kepada brand atau
produk yang anda jual. Sehingga akan menaikkan daya beli pada pelanggan karena
rasa percaya dan mengenal brand atau produk anda.
4. Contoh Konten Marketing
Pada penjelasan diatas sudah kami
jelaskan bahwa konten yang dapat anda buat bisa dalam bentuk foto, videotape,
audio bahkan teks. Berikut contoh konten selling yang tren saat ini.
5. Website atau Blog
Untuk memulai membuat konten,
website atau blog merupakan sebuah wadah yang bisa untuk anda manfaatkan. Dalam
website atau blog tersebut anda bisa menulis artikel yang sesuai dengan target
audiens anda, karena ini salah satu strategi yang fading sering digunakan.
Untuk artikelnya, buatlah dengan
instruksional sesuai target pelanggan dengan pembahasan yang relevan dengan
bisnis anda dan gunakanlah kalimat yang mudah dipahami agar audiens merasa
terbantu dengan artikel yang anda buat.
Mekanismenya seperti ini, jika anda
mempunyai bisnis hosting dan sphere, maka anda perlu membuat artikel yang
berkaitan dengan bisnis anda. Misalnya anda membuat artikel tentang menginstall wordpress
di cpanel, maka ketika audiens sedang mengalami masalah yang serupa si audiens
tersebut akan mencari artikel dan ketika audiens tersebut merasa artikel pada
website atau blog anda ini mudah dipahami dan sangat membantu. Si audiens ini
akan kepo atau penasaran terhadap si penyedia artikel tersebut, dari hal
tersebutlah dapat menciptakan rasa keingintahuan pelanggan terhadap bisnis anda.
6. Podcast
Saat ini podcast sangat tren di Indonesia, dengan memanfaatkan tren
tersebut anda berkesempatan untuk menciptakan Brand mindfulness ( perhatian ). Dengan konten menarik di podcast
ini brand anda semakin dikenal luas.
7. Videotape
Tujuannya sama seperti pada
penulisan artikel pada website atau blog, jadi anda diminta untuk membuat
konten yang bisa membuat audiens tertarik. Membuat konten videotape merupakan
cara yang efektif selain menulis artikel dalam melakukan pemasaran di period
digital.
Menurut penelitian dari Wyzowl,
kebanyakan konsumen lebih tertarik mempelajari produk atau sebuah brand melalui
videotape. Selain itu, videotape marketing dapat membantu kamu menjangkau
request yang luas, sehingga dapat meningkatkan penjualan. Anda bisa membagikan
konten videotape di berbagai platform, misalnya pada akun media sosial,
youtube, atau bahkan pada website anda.
8. Webinar
Webinar atau forum secara online
merupakan forum yang dilakukan secara online, Kepanjangan webinar adalah web
forum atau kegiatan forum yang dilakukan melalui web atau media online lainnya.
Melalui webinar ini anda bisa
memberikan edukasi kepada audiens secara luas, sekaligus mempromosikan brand anda.
Jika anda ingin mengadakan webinar ini secara berjadwal, silahkan untuk mencari
topik dan narasumber yang tentunya masih relevan atau berkaitan dengan bisnis anda.
Dari artikel diatas anda bisa
membayangkan apa yang harus dilakukan untuk memulai dalam melakukan konten
marketing. Dalam melakukan konten marketing juga harus mempunyai jadwal serta
riset. semoga artikel ini bermanfaat.