Friday, February 4, 2022, February 04, 2022 WIB
Last Updated 2022-09-06T14:03:42Z
BisnisHeadlineMedia Sosial

Strategi Marketing Pada Sosial Media

Edigital.My.IdSebelum anda menggunakan sosial media menjadi strategi pemasaran harus mempunyai pertimbangan diantaranya dalam strategi Konten Marketing yang baik. Kali ini kita akan membahas lebih lengkap apa itu strategi konten marketing.


Berbicara mengenai tentang pemasaran, konten marketing merupakan salah satu faktor keberhasilan dalam sebuah sosialisasi pemasaran. Tidak hanya asal dibuat, tetapi konten marketing ini sangat membutuhkan perencanaan yang matang. Perencanaan yang matang inilah cikal bakal konten yang akan dibuat, mendapatkan hasil yang sesuai dengan tujuan. Oleh karena itu, kita membutuhkan strategi konten marketing untuk memperkenalkan produk yang akan dipasarkan sehingga bisa mengembangkan bisnismu menjadi lebih luas.


Di artikel ini, admin akan memberikan kepada anda bagaimana dan apa itu Konten Marketing serta manfaatnya bagi bisnis.

 

A. Apa yang dimaksud Konten Marketing?

Konten marketing adalah sebuah strategi dalam marketing yang berhubungan dengan konten. Konten yang bisa anda buat bisa berbentuk foto, videotape, audio, maupun teks.

 

Ada juga pengertian lain dari Konten marketing, menurut Content Marketing Institute (CMI) adalah suatu strategi pemasaran digital yang lebih fokus pada pembuatan dan pendistribusian konten yang berkualitas, relevan, yang bisa memberikan finansial untuk sebuah bisnis. Maka dari itu konten marketing lebih berfokus kepada pelanggan bukan brand.


B. Tujuan Konten Marketing


1. Meningkatkan Kemampuan Audiens untuk langsung mengenali produk

Salah satu tujuan dalam konten marketing adalah meningkatkan kemampuan audiens dalam mengenali suatu produk. Dengan memberikan konten yang berkualitas serta bermanfaat, dapat memberi feedback dalam menunjukkan identitas produk atau brand ke pelanggan. Hal tersebut akan memberikan efek bukan hanya sekedar menunjukkan identitas produk atau brand, tapi juga memberikan lebih nilai kepercayaan terhadap brand tersebut.


2. Membangun kepercayaan

Seperti yang saya singgung sebelumnya, selain dapat menunjukan identitas produk atau brand ke audiens. Melalui konten marketing juga dapat memberikan lebih nilai kepercayaan kepada brand atau produk yang anda bangun.


3. Meningkatkan Daya Beli

Setelah audiens sudah lebih mengenal produk atau brand anda, audiens juga lebih percaya kepada brand atau produk yang anda jual. Sehingga akan menaikkan daya beli pada pelanggan karena rasa percaya dan mengenal brand atau produk anda.

 

4. Contoh Konten Marketing

Pada penjelasan diatas sudah kami jelaskan bahwa konten yang dapat anda buat bisa dalam bentuk foto, videotape, audio bahkan teks. Berikut contoh konten selling yang tren saat ini.


5. Website atau Blog

Untuk memulai membuat konten, website atau blog merupakan sebuah wadah yang bisa untuk anda manfaatkan. Dalam website atau blog tersebut anda bisa menulis artikel yang sesuai dengan target audiens anda, karena ini salah satu strategi yang fading sering digunakan.

 

Untuk artikelnya, buatlah dengan instruksional sesuai target pelanggan dengan pembahasan yang relevan dengan bisnis anda dan gunakanlah kalimat yang mudah dipahami agar audiens merasa terbantu dengan artikel yang anda buat.

Mekanismenya seperti ini, jika anda mempunyai bisnis hosting dan sphere, maka anda perlu membuat artikel yang berkaitan dengan bisnis anda. Misalnya anda membuat artikel tentang menginstall wordpress di cpanel, maka ketika audiens sedang mengalami masalah yang serupa si audiens tersebut akan mencari artikel dan ketika audiens tersebut merasa artikel pada website atau blog anda ini mudah dipahami dan sangat membantu. Si audiens ini akan kepo atau penasaran terhadap si penyedia artikel tersebut, dari hal tersebutlah dapat menciptakan rasa keingintahuan pelanggan terhadap bisnis anda.


6. Podcast

Saat ini podcast sangat tren di Indonesia, dengan memanfaatkan tren tersebut anda berkesempatan untuk menciptakan Brand mindfulness ( perhatian ). Dengan konten menarik di podcast ini brand anda semakin dikenal luas.


7. Videotape

Tujuannya sama seperti pada penulisan artikel pada website atau blog, jadi anda diminta untuk membuat konten yang bisa membuat audiens tertarik. Membuat konten videotape merupakan cara yang efektif selain menulis artikel dalam melakukan pemasaran di period digital.

 

Menurut penelitian dari Wyzowl, kebanyakan konsumen lebih tertarik mempelajari produk atau sebuah brand melalui videotape. Selain itu, videotape marketing dapat membantu kamu menjangkau request yang luas, sehingga dapat meningkatkan penjualan. Anda bisa membagikan konten videotape di berbagai platform, misalnya pada akun media sosial, youtube, atau bahkan pada website anda.


8. Webinar

Webinar atau forum secara online merupakan forum yang dilakukan secara online, Kepanjangan webinar adalah web forum atau kegiatan forum yang dilakukan melalui web atau media online lainnya.


Melalui webinar ini anda bisa memberikan edukasi kepada audiens secara luas, sekaligus mempromosikan brand anda. Jika anda ingin mengadakan webinar ini secara berjadwal, silahkan untuk mencari topik dan narasumber yang tentunya masih relevan atau berkaitan dengan bisnis anda.


Dari artikel diatas anda bisa membayangkan apa yang harus dilakukan untuk memulai dalam melakukan konten marketing. Dalam melakukan konten marketing juga harus mempunyai jadwal serta riset. semoga artikel ini bermanfaat.